Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 1, No 8 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

PENERAPAN METODE SOCRATES MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nike Wulansari (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)
M. Coesamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2013

Abstract

This was a descriptive qualitative research that aimed to get informations about the application of Socrates Method through the contextual approach viewed by learning process of mathematics and critical thinking skills. The subject of the research was the students of X.4 class at Senior High School 5 Bandar Lampung in 2012/2013. The objects of this research were the process of learning and critical thinking skills. The data of research was got from observations,  interviews, test and journal.The average of critical thinking skills for Trigonometric was 77,65% with medium category, while Logic was 88,05% with very high category. From the observations on the process of learning, Socrates method was more applicable to Logic than Trigonometric. That was because teacher gives more contextual questions on the Logic subject. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan informasi deskriptif tentang penerapan Metode Socrates melalui pendekatan kontekstual ditinjau dari proses pembelajaran matematika dan kemampuan berpikir kritis. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2012/2013.  Objek penelitian adalah proses belajar dan kemampuan berpikir kritis.  Data penelitian berupa hasil observasi, hasil wawancara, hasil tes, dokumentasi serta catatan lapangan.  Rata-rata kemampuan berpikir kritis untuk materi Trigonometri sebesar 77,65% dengan kategori sedang, sementara pada materi Logika sebesar 88,05% dengan kategori sangat tinggi.  Dari hasil pengamatan pada proses belajar, Metode Socrates lebih maksimal diterapkan pada materi Logika dibanding Trigonometri. Hal tersebut dikarenakan guru lebih banyak memberikan pertanyaan kontekstual pada materi Logika. Kata kunci: berpikir kritis, metode socrates, pendekatan kontekstual

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...