Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Milyati Milyati (Unknown)
Sri Hastuti Noer (Unknown)
Rini Asnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2013

Abstract

The implementation of learning method influences the student’s achievement.  The low activities and conceptual understanding are the indications the inactive learning. This class action research aimed to increase student’s activities and mathematical conceptual understanding of eight grade students of SMPN 1 Talangpadang in academic year 2012/2013 through realistic mathematics learning.  This research was applied in 3 cycles. Each cycle consisted of four phases that were planing, implementating, observating, and reflecting.  Data collecting technique were observation and test.  Based on the result of research, it was concluded that the realistic mathematics learning could increase the student’s activities and mathematical conceptual understanding. It was showed by the observation of student’s activities and conceptual understanding in the last cycle, that were (1) The percentage of active students was more than or equal to 60% and (2) The percentage of student’s conceptual understanding was more than or equal to 60%.    Pembelajaran yang diterapkan oleh guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar.  Rendahnya aktivitas dan pemahaman konsep merupakan indikasi pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talangpadang tahun pelajaran  2012/2013, melalui pembelajaran matematika realistik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklusnya terdiri dari empat tahap  yaitu:  perencanaan,  pelaksanaan, pengamatan, dan  refleksi.  Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes.  Berdasarkan hasil penelitan dan pembahasan disimpulkan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep matematika. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil pengamatan aktivitas dan  pemahaman  konsep siswa pada akhir siklus III, yakni (1) persentase siswa yang aktif lebih dari atau sama dengan 60% dan (2) persentase pemahaman konsep siswa lebih dari atau sama dengan 60%.  Kata kunci: aktivitas siswa, pemahaman konsep, PMR

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...