JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
Vol 12, No 1 (2019): Maret

Analisis terhadap faktor-faktor determinan dalam implementasi kurikulum muatan lokal

Mursid Triasmanto (Universitas Pendidikan Indonesia)
Laksmi Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2019

Abstract

Pengkajian terhadap implementasi kurikulum sangat penting termasuk pada kurikulum muatan lokal dengan karakteristik kedaerahannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor determinan dalam implementasi kurikulum. Faktor-faktor determinan yang menjadi kajian utama penelitian ini adalah persepsi guru terhadap implementasi kurikulum muatan lokal, pelaksanaan pembelajaran muatan lokal yang dilakukan guru, dan dukungan terhadap guru dalam implementasi kurikulum muatan lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah guru mata pelajaran muatan lokal, yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel guru terpilih diminta menyatakan sikap dan pendapatnya terkait variabel penelitian melalui pengisian instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup, dengan skala Likert. Teknik uji instrumen yang digunakan adalah uji keterpahaman, validitas, dan reliabilitas. Data yang berhasil dihimpun kemudian dianalisis menggunakan analisis persentase dan uji t. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa tidak ada perbedaan persepsi guru terhadap implementasi kurikulum muatan lokal (X1), pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru (X2), dan dukungan guru dalam implementasi kurikulum muatan lokal (X3) antara guru yang mengajar di satuan pendidikan berstatus negeri dan juga swasta. Simpulan yang diperoleh, persepsi guru terhadap pembelajaran sebaiknya ditingkatkan, terutama keyakinan dalam diri guru untuk melandasi pelaksanaan pembelajaran yang terstruktur agar berdampak positif bagi siswa. Dukungan stakeholder pun berimplikasi signifikan terhadap pelaksanaan pembelajaran muatan lokal sehingga perlu dijamin keberadaannya.Analysis of determinant factors in the implementation of local content curriculumResearch on local content curriculum is very important with its regional characteristics. This study aims to analyze the determinant factors in curriculum implementation. Determinant factors that became the main study of this research were teachers' perceptions of local content curriculum implementation, the local content learning conducted by teachers, and support to teachers in the implementation of local content curriculum. This research uses survey method with quantitative approach. The research sample was the local subject matter teachers, selected using random sampling technique. Selected teacher samples are asked to state their tendencies and opinions related to research variables by filling the research instrument in the form of a closed questionnaire, with a Likert scale. The instrument testing technique used is comprehension, validity, and reliability test. Data collected is then analyzed using percentage analysis and independent-samples t test. The results of the study describe the fact that there is no difference in teacher perceptions of the implementation of the local content curriculum (X1), implementation of learning carried out by teachers (X2), and teacher support in the implementation of local transport curriculum (X3) between teachers teaching in state status education and also private. The conclusion are teachers' perceptions of learning should be improved, especially teachers beliefs to underpin the implementation of structured learning in order to positively impact students. Stakeholder support also has significant implications for the learning implementation so it needs to be guaranteed.

Copyrights © 2019