Pendidikan merupakan faktor penting dahlm mobilitas sosialseseorang. Pendidikan. sebagai sebuah kebijakan formal sudahberulang kali mengalami eksperimentasi sejak era kemerdekaansampai saat ini. Namun demikian pendidikan justru banyak dinilaigagal mengantarkan bangsa ini sebagai bangsa yang sejajar dengan I ..negara maju. Bahkan untuk sekedar dibandingkan dengan negaranegaradi kawasan asia tenggara. ·Pendidikan bahkanmengahadirkan p!rsoalan baru yang jauh lebih rumit dankompleks. Beberapa hal yang mendasari kegagalan · daripendidikan kita diantaranya bahwa model pendidikan kita yangahistoris, anti realitas, dan tidak berorientasi pada karakter intisebagai potensi bangsa yang paling diunggulkan. Basis sosiokultural masyakat kita adalah masyarakat agraris dan maritim.Untuk itu, pendidikan seharusnya diorientasikan untuk dapatmemberdayakan dua potensi dasar ini. Disinilah peran · pentingTeknologi Pendidikan diperlukan. Desain pendidikan secarakomperhensif dari SD sampai perguruan tinggi nampaknya lebihdiperlukan dari sekedar membuka sekolah-sekolah kejuruanpe~ian atau kelautan sebagaimana telah menjadi kebijakan yangtelah lalu. Sec~ra konkret, Ilmu pendidikan mesti terlibat dalampenyusunan kurikulum pada kelompok agronomi, teknik; ekonomi,dan juga ilmu-ilmu social yang didesain berbasis pada agraris dankelautan. Kelompok disiplin agro/maritim. mesti mampumenghasi!kan lulusan yang produksi pertanian/kelautan,pengolahan basil pertanian/kelautan dan agro industri. Disiplinilmu teknik mesti mampu mencetak lulusan yang terampil dalammendesain mesin-mesin pertanian dan perkapalan. Disiplin ilmuekonomi mengembangkan kompetensi jaringan pemasaran sectorpertanian dan disiplin llmu social harus mampu mengembangkanlembaga-lembaga social tradisional pertanian dan kelauatan.
Copyrights © 2005