MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN
No 1 (2006): Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Mei 2006

PENDEKATAN CONTRUCTJV/ST LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN LEBIH BERMAKNA P ADA MA TA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN

Muhtadi, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2006

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajarAnconstructivist learning cycle dapat dijadikan alternatif untukmeningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih bermakna pada mata· kuliah media pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimanapenerapan model pembelajaran dengan pendekatan Constructivistleaming cycle yang paling baik dan tepat untuk meningkatkan kualitasperkuliahan mala kuliah media pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metodologi tindakan kelas dengan subjekpenelitian mahasiswa prodi Tl' sejumlah 25 orang yang mengarn\:iilmata kuliah media pembelajaran. Metode pengumpulan data yangdigunakan yaitu teknik observasi dan tes. Sedang instrumen penelitianyang digunakan adalah catatan observasi dan hasil tes. Analisis datapenelitian menggunakan teknik analisis kualitatif.Hasil tindakan dalam penelitian ini menunjukan bahwa 1). modelpembelajaran dengan menggunakan pendekatan constructivist learningcycle dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kompetensimahasiswa dalam mata kuliah media pembelajaran. 2). denganmencrapkan model pembelajaran menggunakan pendekatanconstructivist learning cycle telah terjadi peningkatan hasil belajarmahasiswa dan kualitas proses pembelajaran yang lebih bermakna.Selain itu dari aspek psikomotor, mahasiswa telah mulai terampil untukmenggunakan beberapa media yang ada seperti media video, audio,OHP, media berprograma, foto, poster, dan CAI (media komputerpembelajaran). Dan dari aspek affektif, siswa akan terlatih untukjujurdengan hasil pengamatannya, dapat bekerja sama dalam kelompok,hati-hati dalam bekerja dan lain-lain.

Copyrights © 2006