MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN
No 1 (2005): Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Mei 2005

NEUROSCIENCE DALAM PEMBELAJARAN

Munawaroh, Isniatun (Unknown)
Haryanto, Haryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2020

Abstract

Konsep Neuro Science merupakan pemaparan tentang otak ·manusia yang memiliki kemampuan yang luar biasa. Otak manusiaterdiri dari triliunan sel otak dan setiap sci otak tampak sepertiGurita kecil yang begitu komplek. Set otak memiliki sebuah pusatdengan banyak cabang dan setiap cabang memiliki banyakkoneksi. Tiap-tiap set otak tersebuat jauh lebih kuat dan canggihdaripada kebanyakan komputer di dunia ini. Setiap set tersebutberhubungan dengan ratusan ribu sampai puluhan ribu set yanglain dan mereka sating bertukar informasi. Dari triliunan sel otaktersebut, sekitar sepersepuluhnya berisi neuron atau sel saraf aktifyang mampu membuat hingga 20.000 koneksi yang berbedadengan sel-sel lain. Otak manusia memiliki empat bagian pada tigatingkatan yang berbeda dari atas batang otak dan yang keempatterselip di bagian belakang. Otak manusia juga memiliki dua sisiyang setiap sisinya mengontrol fungsi yang berbeda danmemproses informasi dengan cara yang berbeda pula. Konsep tigaotak dalam satu kepala ( otak triune) memberikan pemahamantentang cara kerja otak dalam hubungannya dengan prosespembelajaran. Proses pembelajaran yang memaksimalkan fungsiotak berarti tidak hanya memberdayakan saru belahannya saja,tetapi mengupayakan pemaksimalan keduanya. Sehinggamenghasilkan siswa yang tidak hanya mampu berfikir berurutandan terstruktur tetapi juga mampu berfikir secara divergen, globaldan kreatif.

Copyrights © 2005