Kegiatan pembelajaran yang selalu dilaksanakan di dakun ruangankelas secara tatap muka face to face) pada jam-jam tertentu yangtelah ditentukan deng~n tidak memberikan fleksibilitas di dalampengaturan waktu, jelas akan menjadi hambatan bagi subjekbelajar yang memiliki multi kegiatan. Subjek belajar yang harusbelajar dengan cara duduk, mendengarkan penjelasan pebelajar didalam ruangan kelas secara face to face akan cenderungmenimbulkan iklim belajar yang kaku. Suasana interaksipembelajaran yang demikian, belum tentu dapat membuat nyamansetiap subjek belajar. Program pembelajaran berbasis internetdimungkinkan dapat mengatasi kesulitan belajar yangdikarenakan adanya hambatan jarak, letak geografis, dan waktu,maupun berbagai kesibukan karena telah bekerja. Selain ituprogram pembelajaran berbasis internet yang dipadukan denganmodel pembelajaran konvensional akan mampu mengurangikelemahan pembelajaran konvensional yang mengandalkan tatapmuka antara dosen.dan mahasiswa. Dalam pembelajaran berbasisinternet dapat dimanfaatkan program pembelajaran CAI atau yanglebih dikenal dengan istilah program pembelajaran berbantuankomputer. Program pembelajaran CAI merupakan programpembelajaran interaktif yang di desain dengan memanfaatkankomputer sebagai penyampai pesan atau isi kepada si belajarsecara individual dalam suatu proses atau lingkunganpembelajaran individual. Sentuk-bentuk program CAI yang dapatdikembangkan antara lain yaitu: drill and practice, Problemsolving, simulation dan game. Pemanfaatan program CAI dalampembelajaran berbasis internet dapat dilakukan denganmenempatkan berbagai macam program soft ware CAI dalamsebuah server yang tersambung ke internet, sehingga dapat diaksesoleh peserta didik baik melalui Web-Browser ataupun FileTransport Protocol (Aplikasi Pengiriman File).
Copyrights © 2005