MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN
No 2 (2005): Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Oktober 2005

MENCIPTAKAN IKLIM KELAS (CLASSROOM CUMATE) YANG KONDUSIF DAN BERKUALITAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Ali Muhtadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2005

Abstract

Proses pembelajaran seharusnya mampu menciptakan suasana kelas atauiklim kelas yang kondusif untuk mendukung terciptanya kualitas prosespembelajaran. Namup sayangnya proses pembelajaran yang terjadi selama inima8ih cenderung satu aiah, kurang memperhatikan partisipasi aktif siswadalam proses pembelajaran. -Akibatnya· pro5es · pemoetajaran yang terjadiselama ini kurang bermakna bagi siswa, sehingga belum · mampumengembangkan kompetensi dan potensi Jcemampuan siswa secara lebihoptima!. Suatu proses pembelajaran di sekolah yang penting bukan sajamateri yang diajarkan atau pun siapa yang mengajarkan, melairikan bagaimanamateri tersebut diajarkan. Bagaimana guru menciptakan iklim kelas(Classroom Climate) dalam proses pembelajaran tersebut.Banyak faktor yang perlu dipe:rhatikan dalarn menciptakan iklim kelasyang berkualitas dan kondusif guna meningkatkan prestasi belajar siswa.Adapun beberapa faktor yang perlu diperhatikan tersebut antara lain, yaitu:pertama, pendekatan pembelajaran hendaknya berorientasi pada bagaimanasiswa belajar (student centered); Kedua, adanya penghargaan guru terhadappartisipasi aktif siswa dalam setiap konteks pembelajaran. Ketiga, guruhendaknya bersikap demokratis dalam memeneg kegiatan pembelajaran.Keempat, setiap permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaransebaiknya dibahas secara dialogis. Kelima, lingkungan kelas sebaiknyadisetting sedemikian rupa sehingga memotivasi belajar siswa dan mendorongterjadinya proses pembelajaran. Keenom, menyediakan berbagai jenis sumberbelajar atau informasi yang berkaitan dengan berbagai sumber belajar yangdapat diakses atau dipelajari siswa dengan cepat.

Copyrights © 2005