Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol 3, No 1 (2019): JURNAL NERACA

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI DI SMK PGRI 1 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Luluk Irawan (Unknown)
Erma Yulaini (Unknown)
Januardi Januardi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh media pembelajaran komik terhadap hasil belajar siswa akuntansi di SMK PGRI 1 Palembang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,observasi dan tes, serta teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dapat dilihat perbedaanya bahwa kelas eksperimen mencapai 74,19% (Cukup Aktif) dan kelas kontrol mencapai 77,41% (Cukup Aktif). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak dan kelas XI AK 1 yang berjumlah 92 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampel Random yaitu sampel acak, jumlah sampel yang didapat dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 82,09%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 63,93%. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi: Y = 63,91 + 18,2 D, dari perhitungan diperoleh harga thitung = 8,708 > ttabel = 2,000, maka tolak Ho terima Hα dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran komik terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh antara media pembelajaran komik terhadap hasil belajar siswa adalah 55,7% sedangkan sisanya sebesar 44,3% dipengaruhi faktor lain.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...