Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar IPAmahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini menggunakanrancangan penelitian tindakan dengan subyek penelitian adalah mahasiswa S2 Pendidikan DasarIPA. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes minat dan tesmotivasi belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Microsoft Ecxel 2003.Hasil analisis data adalah sebagai berikut. Pertama, tampak bahwa motivasi belajarmahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha berkategori Baik (77,38) denganSB (8.23). Sebaran motivasi belajar mahasiswa pada skala 5 adalah: nilai A 1 orang ( 9 %), nilai B10 orang (82 %), nilai C 1 orang (9 %) dan tidak ada mahasiswa yang bernilai D dan E. Kedua,tampak bahwa minat belajar mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganeshaberkategori Baik (73,12) dengan SB (6.10). Sebaran minat belajar mahasiswa pada skala 5 adalah:nilai A 1 orang ( 9 %), nilai B 6 orang (50 %), nilai C 5 orang (41 %) dan tidak ada mahasiswa yangbernilai D dan E. Ketiga dari hasil kuisioner respon mahasisiwa terhadap media pembelajaran TIKdengan jumlah responden sebanyak 12 orang, rata-rata memberikan respon yang sangat positif.Hasil penelitian ini memberikan indikasi bahwa media pembelajaran berbasis TIK dapatmenyebabkan terjadinya perbedaan minat dan motivasi belajar IPA mahasiswa S2 Pendidikan DasarIPA. Berdasarkan hasil penelitian ini dianjurkan pada para dosen IPA untuk menggunakan mediapembelajaran bebrbasis TIK pada materi-materi IPA yang sesuai.Kata kunci: Media pembelajaran Berbasis Teknologi Infomasi dan Komunikasi, Minat Belajar,Motivasi Belajar
Copyrights © 2010