APTEKINDO
Tahun 2010

PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN BERBASIS PRODUKSI PADA PENDIDIKAN VOKASIONAL

-, MARLINA (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2012

Abstract

Pendidikan adalah segala usaha yang ditujukan agar manusia dapat mengembangkanpotensi diri melalui proses pembelajaran dan/atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat.Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pendidikan antara lain pesatnya tuntutanmasyarakat tentang mutu lulusan yang terampil, perkembangan dan perubahan peradaban duniayang makin mengglobal dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi,serta inovasi dalam bidang pendidikan. Upaya menyiapkan tenaga pendidikan di bidang teknologidan kejuruan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan memenuhi kebutuhan individu pesertadidik, merupakan hal yang mendesak untuk dilakukan pada saat ini. Pengembangan PendidikanTeknologi dan Kejuruan dalam upaya menyiapkan tenaga pendidik dalam bidang keahlianteknik dan kejuruan menghadapi masa yang penuh tantangan yang diakibatkan oleh tuntutanmasyarakat yang lebih tinggi dan kompleks, kehidupan yang sangat dipengaruhi olehperkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta globalisasi. Pembelajaran berbasis produksiditekankan pada aspek keterpaduan, yang didasarkan yakni konsep kebermaknaan. Kebermaknaanmaksudnya adalah peserta didik memahami konsep yang diajarkan melalui pengalaman mengerjakanbenda langsung di bengkel atau di lapangan (pengalaman praktis). Pengembangan pembelajaranberbasis produksi (PBP) bertujuan menggali kembali pemahaman tentang SMK itu sendiri,karakteristik SMK Teknologi, dan pengembangan PBP di SMK Teknologi adalah salah satu yangdiharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan/ kompetensi lulusan pada bidang keahlian mesinproduksi

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

APTEKINDO

Publisher

Subject

Education

Description

Prosiding Seminar Internasional Aptekindo (Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan ...