APTEKINDO
Tahun 2010

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEJURUAN DI KOTA MEDAN

-, Ermidawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2012

Abstract

Dalam peningkatan mutu pendidikan kejuruan telah pula digariskan kebijakan mengenaipemerataan kesempatan pendidikan yang bukan hanya menambah fasilitas pendidikan secarakuantitatitif, melainkan juga keseluruah komponen secara kualitatif. Dengan kata lain adalah pemerataankesempatan pendidikan yang bermutu pada semua jalur, jenis dan jenjang pendidikan. Termasuk dalamkebijakan ini adalah pengembangan pendidikan kejuruan (SMK).Pendidikan kejuruan adalah bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkan seseorang agarlebih mampu bekerja pada satu kelompok pekerjaan atau bidang-bidang pekerjaan lainnya. Ketikaseorang siswa masuk pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), maka siswa tersebut mampumemperoleh pengetahuan dan bagaimana dapat mengembangkan potensi dirinya.Pola pendidikan di SMK seyogyanya dikemas dalam bentuk paket keterampilan yang berlapisdan berjenjang, dengan menerapkan prinsip multi entry-multi exit. Pola ini memungkinkan siswa SMKyang telah memiliki sejumlah satuan kemampuan tertentu (karena program pengajarannya berbasiskompetensi), mendapatkan kesempatan kerja di dunia kerja, maka siswa tersebut dimungkinkanmeninggalkan sekolah. Dan kalau siswa tersebut ingin masuk sekolah kembali menyelesaikan programSMK-nya, maka sekolah harus membuka diri menerimanya, dan bahkan menghargai dan mengakuikeahlian yang diperoleh siswa yang bersangkutan dari pengalaman kerjanya.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

APTEKINDO

Publisher

Subject

Education

Description

Prosiding Seminar Internasional Aptekindo (Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan ...