JSME MIPA UNIMA
Vol 5, No 2 (2017): Jurusan Biologi

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENCAPAI NILAI KETUNTASAN MINIMAL IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 3 SIAU BARAT

Loleng, Yetti (Unknown)
Kaunang, Eva S. (Unknown)
Rampengan, Johan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2018

Abstract

Guru dalam proses pembelajaran di harapkan mampu dan professional dalam melaksanakan tugasnya. guru tidak hanya di tuntut untuk menguasai bidang studinya tetapi juga harus mampu mengajarkanya kepada siswa, sehingga pada proses pembelajaran kiranya guru dapat memberikan model pembelajaran atau media pembelajaran agar siswa tidak bosan sehingga siswa dapat mencapai nilai ketuntasan. berdasarkan observasi peneliti melakukan pada awal bulan januari 2013, banyak nilai siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran picture and picture dalam mencapai nilai ketuntasan minimal IPA biologi. Indikator utama dalam penelitian ini ialah apabila siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar individu 70 (sesuai kriteria ketuntasan minimal) dengan ketuntasan klasikal 85%. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, hasil pada siklus 1 jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan yaitu 52,17% dan jumlah Siswa yang mencapai nilai ketuntasan pada siklus II yaitu presentase 86, 95%.Pembelajarn Biologi dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat digunakan guru dalam pembelajaran biologi dengan pokok bahasan “Pertumbuhan dan Perkembangan” dan pada Pokok bahasan “Sistem Gerak pada Manusia”, karena terbukt efektif dalam menigkatkan hasil belajar siswa Kata kunci: pembelajaran picture and picture, nilai ketuntasan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...