AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi saluran pemasaran Kelapa di Desa Sungai Dungun dan penelitian ini dilakukan pada 15 juni s/d 15 juli 2017. Penelitian ini dilakukan secara purposive, Petani Responden dipilih secara acak dan responden saluran pemasaran diambil dengan cara melacak tiap saluran pemasaran kelapa yang dilakukan di daerah penelitian, data terdiri dari data primer dan data sekunder. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 49 responden yang terdiri dari 39 petani dan 10 pedagang.               Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan yaitu fungsi penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, penanggungan resiko dan informasi pasar. Nilai marjin pemasaran yang diperoleh dari analisis pada saluran pemasaran I sebesar Rp.1,050,-/Kg atau 32,31%, saluran II sebesar Rp.1,250,-/Kg atau 38,46% dan saluran III sebesar Rp.1,450,-/Kg atau 44,62%. Nilai farmer’s share diperoleh hasil saluran I 67,69%, saluran II 61,54%, saluran III 55,38%. Dengan kata lain saluran yang paling efisien adalah saluran I dengan farmer’s share 67,69% dan marjin 32,31%. Hasil analisis menunjukkan seluruh saluran pemasaran kelapa bulat I sampai III efisien dan yang paling efisien adalah saluran pemasaran I dapat dilihat dari (FS>MP).  Kata Kunci: Efisiensi Pemasaran, Kelapa Bulat, Margin Pemasaran
Copyrights © 2018