Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru menerapkan keterampilan bertanya dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN No. 64 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo guna tercapainya tujuan pembelajaran yang baik dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru yang mengajar di kelas IV SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Data dikumpul dengan cara observasi langsung dan wawancara serta data dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDN No. 64 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo sudah dilaksanakan akan tetapi masih ada komponen-komponen yang belum dilaksanakan antara lain penyebaran, pemberian tuntunan dan penggunaan pertanyaan pelacak dengan berbagai teknik. Untuk keberhasilan dalam proses belajar mengajar disarankan agar guru seharusnya dapat memahami komponen-komponen yang ada dalam keterampilan bertanya, sehingga dengan demikian tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Copyrights © 2010