Jurnal Inovasi
VOL. 5, NO. 2, THN. 2008

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN SEJARAH

Yusni Pakaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2008

Abstract

Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran sejarah di masa yang akan datang diperlukan perubahan pola pikir yang akan dijadikan sebagai landasan pelaksanaan program pembelajaran. Pada waktu yang lalu proses pembelajaran sejarah terfokus pada guru, dan kurang berfokus pada siswa. Akibatnya kegiatan belajar mengajar lebih menekankan pada pengajaran dan bukan pada pembelajaran. Kegiatan pembelajaran lebih berpihak kepada kepentingan orang yang mengajar. Upaya Agar pembelajaran sejarah terfokus pada siswa, maka perlu adanya penerapan model pembelajaran kooperatif yang merupakan salah satu bentuk perubahan pola pikir dalam kegiatan pembelajaran sejarah di sekolah. Dalam hal ini guru tidak lagi mendominasi kegiatan pembelajaran, melainkan lebih banyak menjadi fasilitator dan mediator dari proses itu. Model pembelajaran kooperatif dirancang dengan memberi kesempatan kepada siswa secara bersama-sama untuk membangun pengetahuannya sendiri

Copyrights © 2008