bionature
Vol 13, No 1 (2012): April

Potensi Pembelajaran Berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PMBP) Dipadu Think Pair Share (TPS) Dalam Upaya Memberdayakan Keterampilan Metakognisi Siswa Multietnis Di SD Kota Ternate

Ade, Haerullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan potensi pembelajaran berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dipadu Think Pair Share (TPS) dan strategi konvensional dalam memberdayakan keterampilan metakognisi siswa. Penelitian ini tergolong quasi experiment, dilaksanakan di kelas VI pada dua SD yang tergolong sekolah multietnis di Kota Ternate tahun ajaran 2011/2012. Pengukuran keterampilan metakognisi menggunakan rubrik metakognisi yang mengacu kepada Corebima. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan Anakova dalam program SPSS 16.0.   Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran berpola PBMP dipadu TPS lebih berpotensi meningkatkan keterampilan metakognisi siswa dibanding strategi konvensional. Tidak ada pengaruh etnis terhadap keterampilan metakognisi, namun hasil uji LSD menunjukkan adanya perbedaan keterampilan metakognisi siswa antara etnis.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

bionature

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health Veterinary

Description

BIONATURE adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang biologi. Diterbitkan dua kali setahun pada bulan april dan oktober oleh Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri ...