bionature
Vol 14, No 2 (2013): Oktober

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTs Negeri Kota Ternate

Ade, Haerullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2013

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa, serta mempelajari peningkatan keduanya pada kelas VII-8 MTs Negeri Kota Ternate  melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah yang terdapat dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Devisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada tes akhir siklus I diperoleh presentase 24% sedangkan ketuntasan belajar siswa pada tes akhir siklus II diperoleh presentase 84%.  Sementara itu, untuk aktivitas belajar siswa juga terjadi peningkatan yang cukup besar, yakni 52,2% di siklus I dan 80,9% di siklus II. Peningkatan yang terjadi memiliki selisih 28,7%.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

bionature

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health Veterinary

Description

BIONATURE adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang biologi. Diterbitkan dua kali setahun pada bulan april dan oktober oleh Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri ...