Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 20, No 1 (2019)

Pengaruh Strategi Pembelajaran What’s My Line terhadap Kesadaran Metakognitif Siswa

Eka Fitriana Hamsyah (STKIP-Pembangunan Indonesia Makassar)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesadaran metakognitif yang diajar dengan strategi What’s My Line ber-LKS induktif dengan strategi konvensional ber-LKS induktif siswa kelas XI IPA MAN Malakaji Gowa pada materi pokok sistem koloid. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan pretest- posttest control grup design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN Malakaji Gowa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang dipilih secara acak. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan Analisis Of Covariance (Anacova) dengan bantuan SPSS For Windows 16,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kesadaran metakognitif siswa yang diajar dengan strategi What’s My Line ber-LKS induktif dengan strategi konvensional ber-LKS induktif pada materi pokok sistem koloid dengan signifikansi 0,15. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Kesadaran Metakognitif ABSTRACT The study aimed at examining the difference of meta-cognitive who were taught by using What’s My Line of LKS Inductive strategy and the conventional of LKS Inductive strategy of grade XI IPA students at MAN Malakaji Gowa on Colloid system subject material. This study was a quasi-experiment research which employed pretest-posttest control group design. The population of the study was all grade XI students at MAN Malakaji consisted of 4 classes. Sample were selected randomly and obtained 2 classes, namely grade XI IPA 1 and XI IPA 2. The hypothesis test was analyzed using analysis of covariance (Anacova) supported by SPSS for windows 16.0 program. The result of the study revealed that (1) there was not difference of meta-cognitive awareness of student who were taught by using What’s My Line of LKS Inductive strategy and the conventional of LKS Inductive strategy on Colloid system subject material with the level of significant 0,15. Keywords: learning strategy, meta-cognitive awareness

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

chemica

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian ...