Indonesian Journal of Educational Studies
Vol 22, No 2 (2019): Indonesian Journal of Educational Studies

Pengaruh Psychological Capital Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa: Studi Prokrastinasi di Perguruan Tinggi

Saman, Abdul (Unknown)
Wirawan, Hillman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Psychological Capital (PC) terhadap prestasi akademik mahasiswa yang dimediatori prokrastinasi mahasiswa di universitas/perguruan tinggi. Subjek penelitian adalah mahasiswa di tingkat universitas/perguruan tinggi sebanyak 167 orang dengan proporsi 123 (73,7%) perempuan dan 44 (26,3%) laki-laki. Alat ukur penelitian ini menggunakan psychological capital questionnaire dan procrastination scale.   Teknik analisis data menggunakan uji bivariate correlations and moderated mediation. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh PC terhadap prestasi akademik mahasiswa.  Selanjutnya, ditemukan terdapat korelasi negatif  PC dan prokrastinasi. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Insani

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Social Sciences

Description

IJES is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education written by researchers, academicians, professional, and practitioners from all over the world. IJES publishes any research- based articles on and about education i.e. articles ...