Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 3 No. 1 (2019)

Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajarfisika Peserta Didik SMA Se-Kecamatan Kota Tambolaka Tahun Ajaran 2016/2017

Utu Lendi (SMA NEGERI 1 KAHAUNGU ETISMA Negri 1)
Fakhruddin Uddin (Program Studi Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana)
Melkianus Suluh (Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika peserta didikSMA se-Kecamatan Kota Tambolaka. Subjek penelitian yaitu peserta didikkelas X SMA se-Kecamatan Kota Tambolaka Tahun Ajaran 2016/2017 yangberjumlah 60 peserta didik. Metode pengumpulan data dengan metodekuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasiProduct Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumusAlpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson dan teknik analisis korelasi yang dilanjutkan dengananalisis regresi dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar5%. Data prestasi belajar yang diambil dari hasil tes butir soal prestasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antaraminat belajar dan hasil belajar peserta didik SMA se-Kecamatan KotaTambolaka tahun ajaran 2016/2017. Dimana dalam penelitian ini, terdapat 3SMA yang diteliti yakni: SMA Alfonsus, SMA Marapati, dan SMA PGRI. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t ternyata (dengan taraf signifikan 5%) dimana t hitung = 70.97 dan t tabel= 1.671.Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Fisika

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...