Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 4 No. 1 (2020)

Pembelajaran Berbasis Proyek: Mendesain Poster Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa

Daindo Milla (Program Studi PGSD STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan perangkat Model Pembelajaran Berbasis Proyek (MPBP) terhadap Kreativitas Siswa SMA N.1 Wewewa Timur dan SMA Swasta Manda Elu, Kabupaten Sumba Barat Daya, Propinsi NTT melalui pembelajaran berbasis proyek dengan produk poster. Penelitian ini menggunakan lembar penilaian produk berupa poster dengan melihat aspek-aspek  kreativitas. Untuk memperoleh persentase keefektivan MPBP yaitu jumlah skor yang di peroleh di bagi dengan skor maksimal dikali dengan 100%.  Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati produk siswa berdasarkan aspek-aspek yang terdapat pada lembar pengamatan. Hasil yang diperoleh untuk keefektifan pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa adalah  62% berada pada kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan produk poster dapat mengefektifkan kreativitas siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...