Perbaikan ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi pokok menceritakan pengalaman yang di alami,dilihat dan di dengar, sebagian besar siswa karakter percaya dirinya belum terlihat. Oleh karena itu, guru berupaya menggunakan model permainan kreatif agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik. Tujuan perbaikan ini yaituuntuk mengetahui peningkatan karakter percaya diri dan faktor pendukung penggunaan model permainan kreatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Muhammadiyah 18 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.Pelaksanaan perbaikan pembelajaran di SD Muhammadiyah 18 mulai tanggal 1 Oktober s.d 6 Oktober 2014 dan terdiri dari 2 siklus ( siklus I dan siklus II).Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa yang diatas nilai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM), yang mana hasil ketuntasan siklus I mencapai 62%, dan siklus II mencapai 76%. Sedangkan pencapaian nilai karakter percaya diri pada siklus II mencapai 3,2 dengan predikat baik(B). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model permainankreatif dapat meningkatkan karakter percaya diri dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menyampaikan cerita berdasarkan pengalaman yang dialami, dilihat dan didengar di kelas III SDMuhammadiyah 18 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Keywords: karakter percaya diri, prestasi belajar, permainan kreatif.
Copyrights © 2017