Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1

PENGEMBANGAN GAME PETUALANGAN “SI BOLANG” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Sunarti Sunarti (Unknown)
Selly Rahmawati (Unknown)
Setia Wardani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2016

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis game yang menarik dan mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar dengan media tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Hasil pengembangan divalidasi oleh pakar media dan IT, sedangkan validasi materi dan tes evaluasi game dilakukan oleh ahli materi bahasa indonesia dan PKn. Instrumen pengumpulan data yang dipakai adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik inferensial yaitu Mann-Whitney U-Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai beikut. (1) Pengembangan media game yang menarik dilakukan dengan mengembangkan design game petualangan si Bolang. (2) Tidak ada perbedaan signifikan prestasi belajar dengan media game dan gambar. (3) Ada perbedaan signifikan motivasi belajar dengan media game dan gambar. (4) Media game lebih efektif untuk meningkatan motivasi belajar dibandingkan dengan media gambar.Kata Kunci: game petualangan “Si Bolang”, prestasi hasil belajar, motivasi belajar DEVELOPING A GAME CALLED “PETUALANGAN SI BOLANG” AS THE THEMATICS LEARNING MEDIA TO IMPROVE THE FIFTH GRADE STUDENTS’ MOTIVATION AND LEARNING ACHIEVEMENT Abstract: This study was aimed to develop an interesting game-based teaching media and to find out the difference in the motivation and learning achievement of the students taught using the media. This study used the research and development model. The product was validated by a media and IT expert, while the validation of the materials and the evaluation of the game was done by content experts at Indonesian and Civic education. The instruments used were questionnaires and tests. The data were analyzed using the inferential statistical analysis, that Mann-Whitney U-Test. The findings showed that (1) the development of an interesting game media was carried out by developing a game called “Petualangan si Bolang”; (2) There was no significant difference in the learning achievement of the students taught using a game and those taught using pictures; (3) There was no significant difference in the learning motivation of the students taught using a game and those taught using pictures; (4) the game media was more effective to improve the learning motivation than the picture media. Keywords: game “Petualangan Si Bolang”, students’ learning achievement, students’ motivation

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...