Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol. 46, No.1 (2016)

TEKNIK PEMBELAJARANOBSERVASI LINGKUNGANDENGAN MEMANFAATKAN POTENSI KEARIFAN LOKALDI SEKOLAH DASAR

Imam Suyitno (Universitas Negeri Malang)
Mustofa Kamal (Universitas Negeri Malang)
- Sunoto (Universitas Negeri Malang)
Indra Suherjanto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2016

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pembelajaran dengan teknik observasi lingkungan berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang dipadukan dengan pendekatan kuantatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru sekolah dasar yang mewakili empat  kecamatan di Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, para guru belum membuat perencanaaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menggunakan teknik observasi lingkungan dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal. Hal ini terjadi karena guru belum memahami secara tepat proses pembelajaran menggunakan teknik observasi lingkungan dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal. Karena itu, perlu disusun acuan yang jelas dan operasional sebagai pedoman bagi guru dalam penyusunan RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Kata-kata kunci: kearifan lokal, pembelajaran, dan observasi lingkungan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The journal publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of ...