Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 8, No 2 (2006)

Studi Komparasi Evaluasi Portofolio dan Tanpa Evaluasi Portofolio untuk Mata Pelajaran Kimia

Sri Suciati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan prestasi belajar kimia siswa melalui evaluasi portofolio. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IISMA Negeri 1 Sanden yang terdiri dari 6 (enam) kelas dengan jumlah siswa sebanyak 240 (dua ratus empat puluh). Sampel penelitian terdiri atas 2 (dua) kelas dengan jumlah siswa sebanyak 80 (delapan puluh), ditentukan menggunakan teknik cluster sampling yang dilakukan secara random. Sampel pertama yaitu kelas II 3 sebagai kelompok eksperimen dan sampel berikutnya yaitu kelas II 5 sebagai kelompok kontroL Hasil pengamatan peneliti dan kolabolator pada kelas yang menerapkan evaluasi portofolio menunjukkan bahwa untuk semua konsep siswa antusias memiliki skor rerata kelas 9 (skor minimal = 0, skor maksimal = 12), siswa sungguh-sungguh memiliki skor rerata kelas 3 12 (skor minimal = 0, skor maksimal = 16), dan siswa yang lebih tertarik pada pembelajaran kimia dengan skor rerata kelas 3 (skor minimal = 0, skor maksimal. = 4). Hasil uji-t satu arah terhadap skor rerata kelas yang menerapkan evaluasi portofolio (m,) dengan rerata skor kelas yang tidak menerapkan evaluasi portofolio (mj pada p = 0,05 dan df = 78 menunjukkan untuk konsep Termokimia t-hitung p 2,40, Laju Reaksi t-hitung p 3,25, Kesetimbangan Kimia /-hitung p 5,37,iLarutan Elektrolit dan Non Elektrolit t-hitung p 2,44, serta pada ulangan umum semester gasal t-hitung p 5,86. Kesimpulan hasil analisis uji-/ secara keseluruhan menunjukkan bahwa m1 m2. Jadi penerapan evaluasi portofolio pada pembelajaran kimia dapat meningkatkan prestasi belajar kimia siswa. Kata kunci: evaluasi portofolio, prestasi belajar kimia siswa

Copyrights © 2006






Journal Info

Abbrev

HEPI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian pendidikan dosen, dan penelitian disertasi mahasiswa S3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil-hasil penelitian yang disampaikan pada jurnal ini tidak terbatas pada bidang evaluasi pendidikan ...