JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
Vol. 7 No. 2 (2014): September-November

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING

Sukmawati, Fatma (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Biologi berbasis Contextual Teaching Learning sehingga dapat mengekfektifkan pembelajaran Biologi bagi siswa SMA. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Hasil yang diperoleh: 1) Prosedur yang digunakan sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, dan implementasi; 2) berdasarkan analisis diperoleh skor rata-rata post test kelas X-9 (buku teks) adalah 66,9 dan skor rata-rata post test kelas X-7 (bahan ajar biologi berbasis CTL) adalah 79,4 dan t hitung F hit = 2.67 > 1.67 = F tabel, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar biologi berbasis CTL mampu mengefektifkan pembelajaran dalam pembelajaran mata pelajaran biologi di SMA Al-Islam 1 Surakarta

Copyrights © 2014