Penelitian bertujuan menguji keefektifan metode permainan untuk meningkatkanhasil belajar pendidikan nilai dan hasil belajar keterampilan yang terintegrasi dalampembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini menggunakan metode praeksperimental dengan one group pre test-post design. Hasil penelitian menunjukkanbahwa: (1) implementasi metode permainan dalam pembelajaran IPS dilakukan dengancara bermain TTS, picture and picture, wordsquare, dan scramble, (2) hasil belajar pendidikannilai (kejujuran, kesabaran, dan ketaatan beribadah) dengan menggunakan metodepermainan untuk kategori sedang 4 orang (13,7%), tinggi 21 orang (73%), dan sangattinggi 3 orang (10,2%), (2) hasil belajar keterampilan sosial kelompok (tanggung jawab,kerjasama, dan toleransi) dengan menggunakan metode permainan dengan kategoritinggi sebanyak 15 orang (53,6%) dan sangat tinggi 13 orang (43%).Kata kunci: metode permainan, pendidikan nilai, keterampilan
Copyrights © 2013