Penelitian lni bertujuan untuk (1) mengawali proses adaptasi instrumen pengukuran psikologis The Survey of Interpersonal Values(SIV), satu instrumen yang berbentukforced·choice. ke dalam konteks masyarakat Indonesia. Hasil adaptasi tes SIV ke dafam konteks masyarakat Indonesia disebut Tes Survei Nifai-nifai Interpersonal (SNI),dan (2) mengetahui kemampuan dan efektivitas metode forced choice untuk mengatasi jawaban-jawaban yang tidak jujur dari responden suatu instrumen pengukuran psikofogis. Uji beda terhadap hasif tes 42 subjek mahasiswa LPK Tabitha(eksperimen 1) menunjukkan adanya perbedaan antara kondisi kon·seling dan kondisi seleksi pada beberapa faktor dari SNI, yaitu KebaikanHati dan Kepemimpinan. Perbedaan ini menjadi sangat jelas terlihatdalam uji beda terhadap hasil tes 46 subjek mahasiswa baru FakultasTeologia UKOW (eksperimen 2) yang menunjukkan bahwa lima darikeenam faktor dalam SNI dapat dijawab dengan tidak jujur secarasignifikan. Pembahasan dan implikasi dari hasif penemuan ini diuraikansecara fuss dalam laporan penelitian. Hasil pengujian validitas konkurendan reliabilitas tes ulang pada skala-skala dalam SNI menunjukkanpotens, penggunaan SNI untuk keperluan pengukuran kepribadian diIndonesia. Kata kunci : distorsi motivasi. tes forced choice, social desirability
Copyrights © 1997