PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya
Vol 13, No 02 (2018)

ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN INTRODUCTION TO LINGUISTICS BERBASIS E-LEARNING UNTUK MAHASISWA BAHASA INGGRIS

Barustyawati, Anak Agung Sri (Unknown)
Adnyani, Ni Luh Putu Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah analisis kebutuhan terhadap materi-materi pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam mata kuliah Introduction to Linguistics dan kebutuhan terhadap pembelajarn berbasis e-leaning pada mata kuliah tersebut. Data analisis kebutuhan diperoleh melalui kuestioner yang berisi tentang opini dan anggapan yang diberikan kepada 25 orang mahasiswa pada Jurusan Diploma III bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa membutuhkan pengetahuan di bidang linguistik dan kebutuhan akan perlunya pembelajaran linguistik melalui e-learning. Dari lima sub bidang linguistik, fonetik, fonologi, sintaksis, dan semantik dianggap sangat dibutuhkan. Sedangkan morfologi dianggap sangat dibutuhkan secara signifikan. Kebutuhan terhadap morfologi berada setingkat di atas bidang linguistik lainnya menurut hasil wawancara dengan informan diperoleh informasi bahwa untuk menguasai bahasa asing mereka memerlukan penguasaan kata-kata yang luas. Kata dan pembentukan kata merupakan bagian dari pokok bahasan di bidang morfologi. Hasil analisis kebutuhan ini juga memperlihatkan pentingnya e-learning dalam proses pembelajaran dengan hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa e-learning berada dalam kategori sangat dibutuhkan. Pentingnya e-learning dalam pembelajaran Introductuion to Linguistics, salah satunya yakni perlunya visualisasi materi pembelajaran. Visualisasi materi pembelajaran memberikan kesempatan kepada pembelajar untuk melihat contoh-contoh secara nyata dan bukan konsep-konsep yang terlalu abstrak. Hasil penelitian ini sangat berguna dalam pengembangan kurikulum dan pengembangan bahan ajar. Di samping itu, dengan diketahuinya kebutuhan pembelajar, pengajar dapat menyusun materi yang sesuai dengan kebutuhan untuk menciptakan proses pembejaran yang efektif. Kata kunci: analisis, kebutuhan, Introduction to Linguistics, e-learning

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PRASI

Publisher

Subject

Education

Description

PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is a scientific open-access, peer-reviewed bilingual journal published by the Faculty of Language and Art, Universitas Pendidikan Ganesha. PRASI is a fully refereed academic research journal that aims to spread original, theoretical and practical ...