Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha
Vol 11, No 2 (2020)

PENGARUH PELATIHAN I CAN PASS DAN PASSING SASARAN TERHADAP KETEPATAN PASSING BAWAH PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMP NEGERI 2 SINGARAJA

., HILDA DATU LANDE (Unknown)
., Dr. Made Agus Dharmadi, S.Pd., M.Pd. (Unknown)
., Gede Eka Budi Darmawan, S.Pd., M.Or. (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2019

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode latihan i can pass dan passing sasaran terhadap peningkatan ketepatan passing bawah pada peserta ekstrakurikuler bola voli Smp Negeri 2 singaraja 2019. Metode penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian the modified pre-test poest-test group design. Subjek penelitian adalah siswa peserta ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 2 Singaraja tahun 2019 sebanyak 40 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, (1) latihan i can pass berpengaruh terhadap ketepatan passing bawah bola voli, dengan hasil t hitung 15,42 > t tabel 2,03. t hitung lebih besar dari t tabel sehingga hasilnya signifikan, (2) latihan passing sasaran berpengaruh terhadap ketepatan passing bawah bola voli, dengan hasil thitung -14,32 > t tabel 2,02. Berarti t hitung lebih besar dari t tabel sehingga hasilnya signifikan, dan (3) tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pelatihan I can pass dan passing sasaran terhadap passing bawah bola voli dengan hasil t hitung 0.925< t tabel 2,11 Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) latihan i can pass meningkatkan ketepatan passing bawah bola voli pada siswa peserta ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 2 Singaraja Tahun 2019 (2) latihan passing sasaran berpengaruh meningkatkan ketepatan passing bawah bola voli pada siswa peserta ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 2 Singaraja tahun 2019 dan (3) Tidak ada perbedaan antara latihan i can pass dengan passing sasaran pada siswa peserta ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 2 Singaraja tahun 2019. Kata Kunci : i can pass, latihan passing sasaran , ketepatan passing bawah bola voli. The aim of this study was to prove the effect of i can pass and target passing training methods on improving the accuracy of lower passing on participants in Smp Negeri 2 singaraja volleyball extracurricular 2019. The research method was a quasi-experimental study with the modified pre-test poest-test group design. The research subjects were 40 students who participated in volleyball extracurricular activities at SMP Negeri 2 Singaraja in 2019. Based on the results of data analysis, (1) i can pass exercises have an effect on the accuracy of under-passing volleyball, with the results of t count 15.42> t table 2.03. t count is greater than t table so the results are significant, (2) passing target training has an effect on the accuracy of under-passing volleyball, with the results of t -14.32> t table 2.02. It means that the t count is greater than t table so the results are significant, and (3) there is no significant difference in effect between I can pass training and target passing on volleyball under-passing with the results of t count 0.925

Copyrights © 2020