Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kualitas karangan bahasa Jepang pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Bebandem denganteknik kolaborasi dan (2) untuk mengetahui respon siswa kelas XI Bahasadi SMA Negeri 1 Bebandem menulis karangan bahasa Jepang dengan teknik kolaborasi.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2013/2014, sebanyak 27 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi, (2) tes, dan (3) kuesioner. Data dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tes menulis karangan bahasa Jepang dengan menggunakan teknik kolaborasi menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan rata-rata nilai kelas dalam tes menulis karangan dalam pre test adalah 73 menjadi 80 pada siklus I dan 86 pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penerapan teknik kolaborasi dapat meningkatkan kualitas karangan bahasa Jepang, dan (2) siswa merasakan manfaat dari penggunaan model pembelajaran ini dalam pembelajaran menulis karangan bahasa Jepang yaitu dalam hal (1) kemampuan menulis menjadi lebih baik, (2) lebih mudah menemukan kesalahan karena berdiskusi dengan teman kelompok, (3) lebih bersemangat dan termotivasi untuk menulis karangan bahasa Jepang, (4) menumbuhkan rasa percaya diri dalam menulis sebuah karangan bahasa Jepang.Kata Kunci : teknik kolaborasi, kualitas karangan, karangan berbahasa Jepang ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯(1) ベãƒãƒ³ãƒ‡ãƒ 国立第一高ç‰å¦æ ¡ï¼‘1年生ã®å”åŒä½œæ¥ã«ã‚ˆã‚‹æ—¥æœ¬èªžä½œæ–‡ã®è³ªã®å‘上を知るã“ã¨ã€‚(2) åŒä¸Šå¦ç¿’者ã‹å”åŒä½œæ¥ã‚’使用ã—ãŸå ´åˆã®å¦ç¿’者ã®å応を知るã“ã¨ã§ã‚る。 ã“ã®ç ”ç©¶ã¯ã‚¯ãƒ©ã‚¹æ´»å‹•ã«ã‚ã‘ã‚‹2å‘¨æœŸã«æ¹¯ãŸã‚‹èª¿æŸ»ã§ã‚る。調査ã®å¤ªå®ˆè€…ã¯2013年度ベãƒãƒ³ãƒ‡ãƒ 国立第一高ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹11年生ã®27åã§ã‚る。データ㯠(1) 授æ¥è¦–察ã€(2) テストã€(3) アンケートã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ãŸã€‚ã¾ãŸãã®åˆ†æžã¯å®šæ€§çš„ãŠã‚ˆã³ä½Žé‡çš„記述法を使用ã—ãŸã€‚ テストã«ã‚ˆã‚‹èª¿æŸ»ã®çµæžœã¯(1)予備テストã®å¹³å‡ç‚¹ã¯73点å”åŒä½œæ¥å¾Œä¸€å›žç›®ã®ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®å¹³å‡ç‚¹ã¯80 点ã€äºŒå›žç›®ã®ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®å¹³å‡ç‚¹ã¯86点ã§ã‚ã£ãŸã€‚ã“ã®ã“ã¨ã‹ã‚‰å”åŒä½œæ¥ã«ã‚ˆã£ã¦æ—¥æœ¬èªžä½œæ–‡ã®å®¤ã‚’高ã‚られるã“ã¨ãŒã‚ã‹ã‚‹ã€‚(2)å¦ç¿’è€…ã¯æ—¥æœ¬èªžã®ä½œæ–‡ã‚’書ã世ã¦ã®å¦ç¿’法ãŒåŠ¹æžœãŒã‚ã‚‹ã¨æ„Ÿã˜ã¦ã„る。ãれã¯1)表記能力ãŒé«˜ã‚る。2)グループã§è©±ã—åˆã†ã“ã¨ã«ã‚ˆã‚Šé–“é•ã„ã‚’ç°¡å˜ã«è¦‹ã¤ã‘られるã¨ã„ã†ã“ã¨ã‹è¨€ãˆã‚‹ã€‚3)æ—¥æœ¬èªžä½œæ–‡ã‚’ã€€æ›¸ãæ„æ¬²ãŒã€€å¼·ããªã£ãŸã€‚4)日本語作文を 書ã自身ãŒèŠ½ç”Ÿãˆã¦ããŸã€‚ keyword : å”åŒä½œæ¥æ³•ã€æ—¥æœ¬èªžä½œæ–‡ã®è³ª, 日本語ã®ä½œæ–‡
Copyrights © 2015