Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan di LPK Duta Sahaya,Tabanan, (2) mendeskripsikan variasi metode yang digunakan dalam pembelajaran di LPK Duta Sahaya, Tabanan, (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Jepang di LPK Duta Sahaya, Tabanan. (4) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran bahasa Jepang yang digunakan di LPK Duta Sahaya. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di LPK Duta Sahaya, Tabanan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang di LPK duta Sahaya,Tabanan adalah drill, tanya jawab, dan aktivitas kerja. (2) pembelajaran bahasa Jepang di LPK Duta Sahaya menggunakan beberapa variasi metode yaitu direct method, GTM, dan CLT (communicative language teaching). (3) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Jepang di LPK Duta Sahaya yaitu tidak adanya native speaker orang Jepang asli. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah buku minna no nihongo 1 dan minna no nihongo 2. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan 2 teknik penilaian yaitu penilaian tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Jepang di LPK Duta Sahaya, Tabanan menggunakan beberapa strategi pembelajaran dan variasi metode pembelajaran yang penekanan pembelajarannya pada proses komunikasi atau kaiwa.Kata Kunci : Profil, strategi pembelajaran, variasi metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran. ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€ï¼ˆ1)タãƒãƒŠãƒ³ã«ãŠã‘るドゥタ・サãƒãƒ¤å°±æ¥ãƒˆãƒ¬ãƒ¼ãƒ‹ãƒ³ã‚°ã‚»ãƒ³ã‚¿ãƒ¼ã®æ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’法ã€ï¼ˆ2)日本語授æ¥ã«ãŠã„ã¦ä½¿ç”¨ã•れる指導法ã®ç¨®é¡žã€ï¼ˆ3)日本語å¦ç¿’ã«ãŠã‘ã‚‹å•題点を明確ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。 (4)日本語授æ¥ã«ãŠã„ã¦ä½¿ç”¨ã•れる日本語ã®è©•価。研究ã®å¯¾è±¡ã¯ã€å½“ãƒˆãƒ¬ãƒ¼ãƒ‹ãƒ³ã‚°ã‚»ãƒ³ã‚¿ãƒ¼ã®æ—¥æœ¬èªžæŒ‡å°Žè¬›å¸«ã§ã‚る。データã¯ã€æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューãŠã‚ˆã³ç”»åƒå†™çœŸã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ã“ã®ç ”ç©¶ã®çµæžœã€ï¼ˆ1)当センターã«ãŠã‘る日本語å¦ç¿’法ã¯ã€ãƒ‰ãƒªãƒ«ã€è³ªç–‘応ç”ã€å°±æ¥æ´»å‹•ã§ã‚る。(2)指導法ã¯ã€ãƒ€ã‚¤ãƒ¬ã‚¯ãƒˆæ³•ã€GTMã€CLTãŒä½¿ç”¨ã•れã¦ã„る。(3)å•題点ã¨ã—ã¦ã€æ—¥æœ¬èªžã®ãƒã‚¤ãƒ†ã‚£ãƒ–スピーカー講師ãŒã„ãªã„ã“ã¨ãŒã‚ã’られる。使用ã™ã‚‹æ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’ã®æ•™æã¯ã¿ã‚“ãªã®æ—¥æœ¬èªž1ã¨ã¿ã‚“ãªã®æ—¥æœ¬èªž2ã§ã‚る。(4)評価法ã¯ãƒ†ã‚¹ãƒˆè©•価ã€ç·´ç¿’評価ã§ã‚ã‚‹ã€‚å½“ã‚»ãƒ³ã‚¿ãƒ¼ã®æ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’ã¯å¦ç¿’法ãŠã‚ˆã³æŒ‡å°Žæ³•会話能力を高ã‚ã‚‹ã“ã¨ã«é‡ç‚¹ãŒãŠã‹ã‚ŒãŸå¦ç¿’法ãŠã‚ˆã³æŒ‡å°Žæ³•ã§ã‚る。keyword : 紹介, å¦ç¿’æ³•ã€æŒ‡å°Žæ³•ã®ç¨®é¡žã€è©•価法。
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015