Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru agar mampu mengajar bahasa Jepang di Sekolah Menengah Pertama (SMP), (2) keterampilan yang harus diajarkan dalam mata kuliah microteaching, (3) perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian yang sesuai dalam kurikulum 2013 sehingga mahasiswa calon guru mampu mengajar bahasa Jepang di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Subjek penelitian ini adalah guru-guru yang mengajar bahasa Jepang di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan dosen-dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode angket, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) mahasiswa calon guru harus memiliki empat kompetensi guru di dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Jepang di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), (2) keterampilan dasar yang harus dikuasai adalah 8 keterampilan dasar guru dan keterampilan dalam membuka pelajaran, mengisi pembelajaran dan menutup pelajaran, (3) perangkat pembelajaran yang diperlukan dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah silabus, RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan media pembelajaran yang berupa media visual, media audio, dan media audio visual. Instrumen penilaian yang dibutuhkan adalah instrumen penilaian yang mencakup 3 penilaian yaitu, penilaian sikap, penilaian kompetensi pengetahuan dan penilaian kompetensi keterampilan. Kata Kunci : kompetensi guru, kurikulum 2013, microteaching 本研究ã®ç›®çš„ã¯ã€ï¼ˆ1)ä¸å¦æ ¡ã«ãŠã‘る日本語指導ã«ãŠã„ã¦å¦ç”ŸãŒèº«ã«ä»˜ã‘ã‚‹ã¹ã能力ã€ï¼ˆ2)マイクãƒãƒ†ã‚£ãƒ¼ãƒãƒ³ã‚°è¬›ç¾©ã§æ•™æŽˆã•れるã¹ã基礎スã‚ルã€ï¼ˆ3)2013年指導è¦é …ã«æ²¿ã„ã€ä¸å¦æ ¡ã§æ—¥æœ¬èªžæ•™è‚²ã‚’目指ã™å¦ç”ŸãŒçŸ¥ã‚‹ã¹ã指導法åŠã³è©•価法を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。本研究ã®å¯¾è±¡ã¯ã€ä¸å¦æ ¡ã®æ—¥æœ¬èªžæŒ‡å°Žè€…åŠã³æ—¥æœ¬èªžæ•™è‚²å¦ç§‘ã®æ•™å“¡ã§ã‚る。データã¯ã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚本研究ã®çµæžœã€ï¼ˆ1)ä¸å¦æ ¡ã«ãŠã„ã¦æ—¥æœ¬èªžã‚’指導ã™ã‚‹å ´åˆã€å¦ç”Ÿã¯4ç¨®é¡žã®æŒ‡å°Žè€…能力を必è¦ã¨ã™ã‚‹ã€‚(2)指導者ã¨ã—ã¦ã®åŸºç¤Žã‚¹ã‚ルã¯ã€æŽˆæ¥é–‹å§‹ã€æŽˆæ¥ã®å†…å®¹ã€æŽˆæ¥ã®çµ‚ã‚りã«ã®ã‚¹ã‚ルをå«ã‚8種類ã§ã‚る。(3)2013年指導è¦é …ã«æ²¿ã£ãŸæ—¥æœ¬èªžæŒ‡å°Žã«ãŠã„ã¦å¿…è¦ã¨ã•れる教æç”¨å…·ã¯ã€è¦–覚教æã€è´è¦šæ•™æã€è¦–è´è¦šæ•™æã€æ•™æ¡ˆã€ã‚·ãƒ©ãƒã‚¹ã§ã‚る。評価法ã«é–¢ã—ã¦ã¯ã€å¦ç¿’者姿勢ã€çŸ¥è˜ã€ã‚¹ã‚ルã®3種類ãŒå¿…è¦ã§ã‚る。keyword : スã‚ルã€2013年指導è¦é …ã€ãƒžã‚¤ã‚¯ãƒãƒ†ã‚£ãƒ¼ãƒãƒ³ã‚°
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016