Penelitian ini bertujuan (1) pengelolaan waktu dan kelas yang digunakan guru Bahasa Jepang di SMA N 1 Sukasada dalam mengelola kelas saat proses pembelajaran, (2) mengetahui pengelolaan prilaku siswa guru Bahasa Jepang di SMA N 1 Sukasada dan (3) pengelolaan strategi pembelajaran guru Bahasa Jepang di SMA N 1 Sukasada. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Jepang di SMA N 1 Sukasada. Objek penelitian ini adalah pengelolaan kelas yang dilakukan guru saat proses pembelajaran Bahasa Jepang. Data diperoleh dari observasi dan wawancara selanjutnya di analisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pengelolaan kelas dan waktu guru Bahasa Jepang di awal pelajaran guru mengatur waktu dengan membagi waktu pembelajaran secara sistematis saat memulai pembelajaran, penyajian materi, latihan, penugasan dan penutup dan pegelolaan kelas dilakukan saat mengucapkan salam pada awal dan akhir pelajaran, guru memberikan tanggapan terhadap hasil kerja siswa dan memberikan motivasi kepada siswa untuk mengembangkan materi yang telah dipelajari. Guru melibatkan siswa menanggapi hasil penampilan siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan kesempatan siswa untuk bertanya apa yang belum dipahami. Guru memastikan pemahaman siswa dengan memberikan pertanyaan lisan kepada siswa secara acak. Guru memantau siswa saat mengerjakan tugas. (2) guru mengelola perilaku siswa, guru meminta siswa untuk mencari tempat duduk yang kosong dan memasukkan buku saat tes mendengarkan, Guru memberikan motivasi agar siswa menjawab dengan jujur dan percaya diri untuk mengukur kemampuan diri. (3) guru mengelola strategi pembelajaran guru secara induktif – deduktif, Guru menjelaskan dan melatih kosakata dan pola kalimat menggunakan media gambar agar lebih menarik. Kata Kunci : pengelolaan, kelas, Bahasa Jepang ã“ã®ç ”ç©¶ã¯ã€ï¼ˆ1)スカサダ国立第一高ç‰å¦æ ¡ã®æ—¥æœ¬èªžç§‘指導者ã«ã‚ˆã‚‹å¦ç¿’時ã«ãŠã‘る時間ã¨ã‚¯ãƒ©ã‚¹ã®ç®¡ç†æ³•ã€ï¼ˆ2ï¼‰åŒæ ¡æ—¥æœ¬èªžæŒ‡å°Žè€…ã®ç”Ÿå¾’ã«å¯¾ã™ã‚‹ç®¡ç†æ³•ã€ï¼ˆ3ï¼‰åŒæ ¡æ—¥æœ¬èªžæŒ‡å°Žè€…ã®å¦ç¿’法を知るã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®èª¿æŸ»ã¯ã€ã‚¹ã‚«ã‚µãƒ€å›½ç«‹ç¬¬ä¸€é«˜ç‰å¦æ ¡æ—¥æœ¬èªžç§‘指導者ãŒã€ã©ã®ã‚ˆã†ã«æ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’時ã«ã‚¯ãƒ©ã‚¹ç®¡ç†ã—ã¦ã„ã‚‹ã‹ã‚’調査ã—ãŸã‚‚ã®ã§ã‚る。データã¯ã€æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ã“ã®ç ”ç©¶ã®çµæžœã¯ã€æ¬¡ã®é€šã‚Šã§ã‚る。(1)å¦ç¿’時ã«ãŠã‘る時間ã®å†…訳ã¯ã€å¦ç¿’開始時ã«å¦ç¿’é …ç›®ã®æç¤ºã‚’ã—ã€ãã®å¾Œç·´ç¿’ã€å®¿é¡Œã€ãã—ã¦ã¾ã¨ã‚ã¨çµ„ã¿ç«‹ã¦ã‚‰ã‚Œã¦ã„る。クラスé‹å–¶ã§ã¯ã€é–‹å§‹ã®æŒ¨æ‹¶ã€çµ‚äº†ã®æŒ¨æ‹¶ã€å¦ç¿’者ã«å¯¾ã™ã‚‹è©•価ã€ãã—ã¦å¦ç¿’者ã¸ã®å¦ç¿’æ„æ¬²ã‚’高ã‚ã‚‹ãŸã‚ã€æ—¢ç¿’é …ç›®ã®ç¢ºèªã€å¦ç¿’目的ã€è³ªå•ã®æ©Ÿä¼šãªã©ã‚’æ–½ã—ã¦ã„る。ã¾ãŸã€å¦ç¿’者を指åã—ã€å£é ã«ã‚ˆã‚‹è³ªç–‘応ç”ã«ã‚ˆã‚Šã€ç†è§£åº¦ã‚’測る。教室内ã§ã®èª²é¡Œæ¼”ç¿’ã§ã¯å„å¦ç¿’者を見ã¦å›žã‚‹ã€‚(2)テスト時ã§ã¯ã€ç©ºã„ã¦ã„ã‚‹å¸ã«ç€ãã€æœ¬ãªã©ã¯ã—ã¾ã†ã‚ˆã†æŒ‡ç¤ºã™ã‚‹ã€‚ã¾ãŸã€è‡ªèº«ã®èƒ½åŠ›ã‚’ã—ã£ã‹ã‚Šæ¸¬ã‚‹ãŸã‚ã€æ£ç›´ã«è§£ç”ã—ã€è‡ªä¿¡ã‚’æŒã¤ã‚ˆã†ä¿ƒã—ã¦ã„る。(3)å¦ç¿’法ã¯ã€ç›´æŽ¥æ³•を使用ã—ã€è§£èª¬ãŠã‚ˆã³å˜èªžç·´ç¿’ã€æ–‡åž‹ç·´ç¿’ã§ã¯å¦ç¿’者ãŒèˆˆå‘³ã‚’æŒã¦ã‚‹ã‚ˆã†çµµæ•™æãªã©ãŒä½¿ç”¨ã•れる。keyword : é‹å–¶ã€ã‚¯ãƒ©ã‚¹ã€æ—¥æœ¬èªž
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015