Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan penguasaan huruf hiragana setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu bergambar dan (2) mendeskripsikan tanggapan siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu bergambar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 30 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan penguasaan huruf hiragana bahasa Jepang siswa. Hal ini diketahui dari persentase ketuntasan klasikal sebelum diadakan tindakan yaitu 23,33% dan mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu 63,33% dan 83,33%. (2) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu bergambar tergolong sangat positif. Pada siklus I, rata-rata tanggapan siswa adalah 36,5 dan tergolong positif. Pada siklus II rata-rata tanggapan siswa adalah 41,3 dan tergolong sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan penguasaan huruf hiragana bahasa Jepang siswa dan memperoleh tanggapan sangat positif dari siswa.Kata Kunci : model pembelajaran Quantum Teaching, media kartu bergambar, penguasaan huruf hiragana æœ¬ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€(1) 絵カード教æã‚’使用ã™ã‚‹Quantum Teaching å¦ç¿’法ã«ã‚ˆã‚‹å¦ç¿’者ã®å¹³ä»®åã‚’ç†è§£ã™ã‚‹èƒ½åŠ›ã®å‘上を知るã“ã¨ã€(2)ã“ã®å¦ç¿’法ã«å¯¾ã™ã‚‹å¦ç¿’者ã®å応を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã€‚æœ¬ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€2015年度シンガラジャ公立第三高ç‰å¦æ ¡10年生1組ã®30åã§ã‚ã‚‹ã€‚æœ¬ç ”ç©¶ã¯ã€äºŒå‘¨æœŸã«æ¸¡ã‚‹æ•™å®¤å®Ÿè·µæ´»å‹•調査ã§ã‚る。データã®åŽé›†ã¯è¦³å¯Ÿã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã§è¡Œã„ã€ãれを定性的定é‡çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ç ”ç©¶ã®çµæžœã€(1) ã“ã®å¦ç¿’法ã«ã‚ˆã‚Šã€å¦ç¿’者ã®å¹³ä»®åã‚’ç†è§£ã™ã‚‹èƒ½åŠ›ãŒå‘上ã—ãŸã€‚ã“ã®å¦ç¿’法を用ã„ã‚‹å‰ã®äºˆå‚™ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®æ¨™æº–値を超ãˆãŸå‰²åˆãŒ23,33% ã€ç¬¬ä¸€å‘¨æœŸçµ‚了後ã¨ç¬¬äºŒå‘¨æœŸçµ‚了後ã¯ã€ãれãžã‚Œ63,33% ã€83,33%ã§ã‚ã£ãŸã€‚(2) ã“ã®å¦ç¿’法を使用ã—ãŸå ´åˆã® å¦ç¿’者ã®å応ã¯è‰¯å¥½ã§ã‚ã£ãŸã€‚第一周期ã§ã¯36,5ãƒã‚¤ãƒ³ãƒˆãŒè‰¯å¥½ã€ç¬¬äºŒå‘¨æœŸã§ã¯41,3ãƒã‚¤ãƒ³ãƒˆãŒãŸã„ã¸ã‚“良好ã®ç¯„ç–‡ã§ã‚ã£ãŸã€‚以上ã®ã“ã¨ã‹ã‚‰ã€ã“ã®çµµã‚«ãƒ¼ãƒ‰æ•™æã‚’使用ã™ã‚‹Quantum Teaching å¦ç¿’法ã¯ã€å¦ç¿’者ã®å¹³ä»®åã‚’ç†è§£ã™ã‚‹èƒ½åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ãŸã‚ã«æœ‰åйã§ã‚りã€å¦ç¿’者ã‹ã‚‰èˆˆå‘³ã‚’引ã出ã™ã‚‚ã®ã§ã‚ã‚‹ã¨è¨€ãˆã‚‹ã€‚keyword : Quantum Teaching å¦ç¿’法ã€çµµã‚«ãƒ¼ãƒ‰æ•™æã€å¹³ä»®åã‚’ç†è§£ã™ã‚‹èƒ½åŠ›
Copyrights © 2016