Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis huruf hiragana dan katakana dengan penerapan metode pemberian tugas (resitasi) pada siswa kelas XI IB SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IB SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014, sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi terlibat, (2) tes, dan (3) kuesioner. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tes menulis huruf hiragana dan katakana dalam penggunaan metode pemberian tugas (resitasi) menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan rata - rata nilai kelas dalam tes menulis dari hasil pre-test 30,8 menjadi 45,2 pada siklus I, 73,3 pada siklus II dan 83,8 pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemberian tugas (resitasi) dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana dan katakana, dan (2) siswa merasakan manfaat dari penggunaan metode pemberian tugas (resitasi) dalam pembelajaran menulis huruf hiragana dan katakana. Kata Kunci : metode resitasi, kemampuan menulis, hiragana, katakana ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯2013年度シンガラジャ国立大二高ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹11年生ã®èª²é¡Œå¦ç¿’ã«ã‚ˆã‚‹ã²ã‚‰ãŒãªã¨ã‚«ã‚¿ã‚«ãƒŠè¡¨è¨˜èƒ½åŠ›ã®å‘上を実証ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã¯3å‘¨æœŸã«æ¸¡ã‚‹æ•™å®¤æ´»å‹•調査ã§ã‚る。ã“ã®èª¿æŸ»ã®å¯¾è±¡ã¯2013年度シンガラジャ国立大二高ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹11年生30åã§ã‚る。データã—ã•ã¤ã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€è³ªå•アンケートã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—。ãれを定性的定é‡çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ç ”ç©¶ã®çµæžœä½¿ç”¨ã™ã‚‹å‰ã®ãƒ—レテストã®å¹³å‡ç‚¹ãŒ30.8点ã€ç¬¬ä¸€å‘¨æœŸçµ‚了後ã®ãƒ†ã‚¹ãƒˆå¹³å‡ç‚¹ã¯45,2点ã€ç¬¬äºŒå‘¨æœŸçµ‚了後ã¯73,3点ã€ç¬¬ä¸‰å‘¨æœŸçµ‚了後ã¯83,8点ã§ã‚ã£ãŸã€‚ã“れã¯ã“ã®èª²é¡Œå¦ç¿’ãŒã²ã‚‰ãŒãªãƒ»ã‚«ã‚¿ã‚«ãƒŠè¡¨è¨˜èƒ½åŠ›ã‚’å‘上ã•ã›ã‚‹ãŸã‚ã«æœ‰åйã§ã‚る。ã“ã®å¦ç¿’を使用ã—ãŸå¦ç¿’者ã®å応ã¯ã¨ã¦ã‚‚効果ãŒã‚ã‚‹ã¨ã„ã†ã‚‚ã®ã§ã‚ã£ãŸã€‚keyword : 課題å¦ç¿’ã€è¡¨è¨˜èƒ½åŠ›, ã²ã‚‰ãŒãª, カタカナ
Copyrights © 2015