Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi yang digunakan oleh dosen pengampu mata kuliah Bunpou V (Tata Bahasa V) (2) perbedaan aktivitas dan respon mahasiswa antara di kelas A dengan di kelas B. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah Bunpou V dan mahasiswa yang mengikuti pembeajaran mata kuliah Bunpou V. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi yang digunakan oleh dosen pengampu mata kuliah Bunpou V adalah strategi diskusi, strategi kelompok kecil, dan strategi kooperatif berbasis Problem Based Learning (2) perbedaan aktivitas dan respon mahasiswa, antara di kelas A dengan di kelas B terlihat pada saat penyampaian hasil analisis kelompok oleh mahasiswa.Kata Kunci : Problem Based Learning, Bunpou, strategi pembelajaran æœ¬ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€ï¼ˆï¼‘)日本語教育å¦ç§‘講義「文法Vã€ã«ãŠã„ã¦ã€æ‹…当講師ãŒç”¨ã„る指導法ã€ï¼ˆï¼’)A クラスã€Bクラスã«ã‚ˆã‚‹å¦ç¿’者ã®åå¿œã¨æ´»å‹•ã®ç›¸é•点ã«ã¤ã„ã¦æ˜Žã‚‰ã‹ã«ã—ãŸã‚‚ã®ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã¯ã€å®šæ€§è¨˜è¿°ç ”ç©¶ã§ã‚ã‚‹ã€‚ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€æ—¥æœ¬èªžæ•™è‚²å¦ç§‘「文法V」を指導ã™ã‚‹è¬›å¸«åŠã³ãれを履修ã™ã‚‹A クラスã€Bクラスã®å¦ç”Ÿã§ã‚る。データã¯ã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ãƒ¥ãƒ¼ã€æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã€å†™çœŸè³‡æ–™ã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã‚‚ã®ã§ã‚る。分æžã®çµæžœã€ï¼ˆï¼‘)「文法V」を担当ã™ã‚‹è¬›å¸«ãŒç”¨ã„ã‚‹å¦ç¿’法ã¯ã€ãƒ—ãƒãƒ–レムベースラーニング法ã«åŸºã¥ãディスカッションã€å°ã‚°ãƒ«ãƒ¼ãƒ—ã€å…±åŒå¦ç¿’ã§ã‚る。(2)A クラスã€Bクラスã®å¦ç¿’者ã®åå¿œã¨æ´»å‹•ã«ã¯ã€å¦ç”Ÿã«ã‚ˆã‚‹ã‚°ãƒ«ãƒ¼ãƒ—ã®åˆ†æžçµæžœã‚’発表ã™ã‚‹éš›ã«ç›¸é•点ãŒã‚る。keyword : プãƒãƒ–ãƒ¬ãƒ ãƒ™ãƒ¼ã‚¹ãƒ©ãƒ¼ãƒ‹ãƒ³ã‚°ã€æ–‡æ³•ã€å¦ç¿’法
Copyrights © 2016