Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa agar mampu mengajar bahasa Jepang di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); (2) Keterampilan dasar yang harus diajarkan dalam mata kuliah microteaching; serta (3) Perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian yang tepat dalam pembelajaran kurikulum 2013 sehingga calon guru mampu mengajar bahasa Jepang di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Subjek penelitian ini adalah guru-guru yang mengajar bahasa Jepang di Sekolah Menengah Atas (SMA) serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Calon guru harus menguasai empat kompetensi guru di dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Jepang di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); (2) Keterampilan dasar yang harus dikuasai adalah 8 keterampilan dasar seorang guru dan keterampilan dalam membuka, mengisi pembelajaran dan menutup pembelajaran; serta (3) Perangkat pembelajaran yang diperlukan dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah media pembelajaran berupa media visual, media audio, media audio visual, RPP, dan silabus yang sesuai dengan kurikulum 2013. Instrumen penilaian yang dibutuhkan adalah instrumen penilaian yang mencakup 3 penilaian yaitu penilaian sikap, penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian kompetensi keterampilan. Kata Kunci : Bahasa Jepang, Kompetensi Guru, Kurikulum 2013, Microteaching ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€ï¼ˆ1)高ç‰å¦æ ¡ã¨å®Ÿæ¥é«˜ç‰å¦æ ¡ã«ãŠã‘る日本語指導ã«ãŠã„ã¦å¦ç”ŸãŒèº«ã«ä»˜ã‘ã‚‹ã¹ã能力ã€ï¼ˆ2)マイクãƒãƒ†ã‚£ãƒ¼ãƒãƒ³ã‚°è¬›ç¾©ã§æ•™æŽˆã•れるã¹ã基礎スã‚ルã€ï¼ˆ3)2013年指導è¦é …ã«æ²¿ã„ã€é«˜ç‰å¦æ ¡ã¨å®Ÿæ¥é«˜ç‰å¦æ ¡ã§æ—¥æœ¬èªžæ•™è‚²ã‚’目指ã™å¦ç”ŸãŒçŸ¥ã‚‹ã¹ã指導法åŠã³è©•価法を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€é«˜ç‰å¦æ ¡ã¨å®Ÿæ¥é«˜ç‰å¦æ ¡ã®æ—¥æœ¬èªžæŒ‡å°Žè€…åŠã³æ—¥æœ¬èªžæ•™è‚²å¦ç§‘講師ã§ã‚る。データã¯ã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ ã“ã®ç ”ç©¶ã®çµæžœã€ï¼ˆ1)高ç‰å¦æ ¡ã¨å®Ÿæ¥é«˜ç‰å¦æ ¡ã«ãŠã„ã¦æ—¥æœ¬èªžã‚’指導ã™ã‚‹å ´åˆã€å¦ç”Ÿã¯4ç¨®é¡žã®æŒ‡å°Žè€…能力を必è¦ã¨ã™ã‚‹ã€‚(2)指導者ã¨ã—ã¦ã®åŸºç¤Žã‚¹ã‚ルã¯ã€å§‹æ¥ã€å¦ç¿’内容ã€çµ‚æ¥ã®ã‚¹ã‚ルをå«ã‚8種類ã§ã‚る。(3)2013年指導è¦é …ã«æ²¿ã£ãŸæ—¥æœ¬èªžæŒ‡å°Žã«ãŠã„ã¦å¿…è¦ã¨ã•れる教æç”¨å…·ã¯ã€è¦–覚教æã€è´è¦šæ•™æã€è¦–è´è¦šæ•™æã€æ•™æ¡ˆã€ã‚·ãƒ©ãƒã‚¹ã§ã‚る。評価法ã¯ã€å¦ç¿’å§¿å‹¢ã€çŸ¥è˜ã€ã‚¹ã‚ルã®3種類ãŒå¿…è¦ã§ã‚る。 keyword : æ—¥æœ¬èªžã€æŒ‡å°Žè€…ã®èƒ½åŠ›ã€2013年指導è¦é …ã€ãƒžã‚¤ã‚¯ãƒãƒ†ã‚£ãƒ¼ãƒãƒ³ã‚°
Copyrights © 2016