Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT ) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X.3 SMA NEGERI 1 TEGALLALANG PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Oktariyani, Ni Luh Kadek Rai (Unknown)
sutarjo, sutarjo (Unknown)
sutarjo, i ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajargeografi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Team GameTournament siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Tegallalang. Penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus.subjek daripenelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Tegallalang dengan jumlah 41orang siswa .Data tentang aktivitas dan hasil belajar siswa dikumpulkan denganmenggunakan metode observasi dan metode tes.semua data dianalisismenggunakan teknik deskriptif kualitatif.Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatandari siklus I 70,10% yang berada pada kriteria cukup aktif menjadi 81,67% padasiklus II yang berada pada kriteria aktif. Sedangkan pada hasil belajar pada siklusI 73,04% yang berada pada kriteria sedang menjadi 80,00% pada siklus II beradapada kriteria tinggi dan ketuntasan klasikal 78,04% .dari analisis data penelitiandapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TeamGame Tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswakelas X3 SMA Negeri 1 Tegallalang.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...