Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajargeografi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Team GameTournament siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Tegallalang. Penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus.subjek daripenelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Tegallalang dengan jumlah 41orang siswa .Data tentang aktivitas dan hasil belajar siswa dikumpulkan denganmenggunakan metode observasi dan metode tes.semua data dianalisismenggunakan teknik deskriptif kualitatif.Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatandari siklus I 70,10% yang berada pada kriteria cukup aktif menjadi 81,67% padasiklus II yang berada pada kriteria aktif. Sedangkan pada hasil belajar pada siklusI 73,04% yang berada pada kriteria sedang menjadi 80,00% pada siklus II beradapada kriteria tinggi dan ketuntasan klasikal 78,04% .dari analisis data penelitiandapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TeamGame Tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswakelas X3 SMA Negeri 1 Tegallalang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016