Media Komunikasi FPIPS
Vol 17, No 1 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA

Aryanthi, Komang Dina (Unknown)
Suwatra, Ign. I Wayan (Unknown)
Suarjana, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranAIR berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IVdi Gugus IV Kecamatan Banjar tahun pelajaran 2018/2019. Jenispenelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalampenelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV di Gugus IV KecamatanBanjar pada tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 158 siswa.Berdasarkan hasil random sampling dengan cara pengundian, diperolehsampel yaitu siswa kelas IV SD N 1 Banjar yang berjumlah 23 orangsebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD N 8 Banjar yangberjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan datamenggunakan teknik tes yaitu pilihan ganda. Teknik analisis data denganmenggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapatpengaruh model pembelajaran AIR berbantuan media gambar terhadaphasil belajar IPS siswa kelas IV semester genap Gugus IV KecamatanBanjar tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...