Kenyamanan dan kelancaran berkendaraan di jalan raya merupakan tuntutan daripengguna jalan. Salah satu faktor pereduksi kenyamanan dan kelancaran tersebut adalahkerusakan pada permukaan jalan. Untuk tercapainya kenyamanan dan kelancaran di dalamberkendaraan di jalan raya, perlu dilakukan perbaika jalan. Kendala yang seringditemui adalah masih terbatasnya dana yang dimiliki Pemerintah, sehingga tidak semuajalan dapat dilakukan perbaikan. Dan yang menjadi masalah lainnya, jalan yangdiperbaiki ternyata bukan merupakan jalan yang prioritas untuk diperbaiki.Sehinggakeputusan yang dibuat tidak tepat sasaran. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukanprioritas perbaikan jalan. Selain harus diketahuinya nilai kerusakan jalan itu sendiri,faktor lain yang ikut memegang peranan penting di dalam menentukan prioritas perbaikanjalan adalah dengan Indeks Permukaan (IP). Sehingga penelitian ini bertujuanuntuk menentukan prioritas perbaikan jalan untuk kondisi perkerasan jalan beraspalberdasarkan nilai Indeks Permukaan. Survey dilakukan untuk mendapatkan data kerusakanjalan, data dianalisis berdasarkan nilai Indeks Permukaan (IP) dan akan diperolehruas jalan mana yang diprioritaskan untuk diperbaiki. Produk yang diharapkandapat ditentukan dengan tepat ruas jalan yang harus diperbaiki.AbstractThe comfortness and smoothness on the road have become priority to most drivers. Oneof the factors that reduce the comfortness and smoothness is the damage on the roadsurface. Therefore the renovation of the road is needed. Another factor that may appear isthe limited fund from the government. This bring into the problem that not all the roadcan be renovated. The main problem is that the renovation is not conducted into the theroad that really needs renovation, To overcome this problem, it needs right a decision todetermine which road needs renovation Instead of knowing the value of the damage,another factor that holds a very important role in determining the renovation priority isthe Surface Index. So that this research aims at determining the the roadwork prioritytowrad tempered condition of asphalt-pavement based on surface-index values. Thissurvey is done to get the data on the road damage. The data gained is then to be analyzedbased on the Surface Index (IP). The product of this reserach is the detremination of theroad that will be renovated.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2007