JSME MIPA UNIMA
Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Biologi

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PBL DIPADU DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs PLUS TARBIYAH TONDANO

Bandu, Julandi (Unknown)
Tumbel, Ferni M. (Unknown)
Satiman, Utari (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2018

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di MTs Plus Tarbiyah Tondano di mana proses pembelajaran guru kurang mampu mengemas materi pembelajaran menjadi lebih sederhana, menarik dan mudah dimengerti, kurangnya variasi model mengajar yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Biologi melalui Implementasi model Pembelajaran PBL dipadu dengan media visual. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII dengan jumlah sebanyak 16 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Persentase hasil evaluasi belajar peserta didik yang diperoleh pada siklus I adalah sebesar 43.75% atau terdapat 9 orang peserta didik yang telah tuntas secara klasikal, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar peserta didik adalah 87.5% atau terdapat 14 orang peserta didik yang telah tuntas dari jumlah keseluruhan 16 orang peserta didik dan hanya 2 orang peserta didik yang belum tuntas, kemudian peneliti melakukan remedial pada 2 orang peserta didik yang belum tuntas sehingga seluruh peserta didik mencapai ketuntasan secara klasikal. Implementasi model PBL dipadu dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Plus Tarbiyah Tondano. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Media Visual, Hasil Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...