JOURNAL EDUCATIONAL OF NURSING(JEN)
Vol 2, No 1 (2019): JOURNAL EDUCATIONAL OF NURSING(JEN)

Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Dokter Di Instalasi Rawat Inap A Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Cilandak Jakarta Selatan

Novi Ernawati (Unknown)
Muhamad Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2019

Abstract

Pembangunan kesehatan yang tertuang dalam tujuan Sistim Kesehatan Nasional yaitu terselenggaranya pembangunan kesehatan oleh semua potensi bangsa, baik masyarakat, swasta, maupun Pemerintah secara sinergis, berhasil guna dan berdaya guna, sehingga tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Kepuasan pasien ditentukan oleh keseluruhan pelayanan yaitu: pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan makanan, obat-obatan, sarana dan peralatan, fasilitas dan lingkungan fisik Rumah Sakit serta pelayanan adminitrasi.. Berdasarkan indikator BOR yang cenderung meningkat dari setiap tahunnya, (tahun 2004=62,20, tahun 2005= 67,37, tahun= 2006 71,07) dan bila dibandingkan dengan Rumah Sakit pesaing pelayanan kesehatan masih jauh masih lebih baik Rumah Sakit Pesaing. Belum ada penelitian secara khusus tentang kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter di IRNA A RSUP Fatmawati, maka perlu dilakukan suatu analisa kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan yang prima dari aspek pelayanan dokter. Desain penelitian ini adalah dengan deskriptif analisis dengan melakukan pengamatan terhadap pelayanan dokter, untuk mendapatkan gambaran karakteristik pasien dan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter di IRNA A RSUP Fatmawati Cilandak Jakarta Selatan tahun 2008.. Dari tingkat kepuasan responden terhadap pelayanan dokter, responden yang merasa puas lebih banyak (53%) dengan skor median pelayanan dokter ≥ 27, dan responden yang tidak puas (47%) dengan skor median pelayanan dokter < 27. Dilihat dari tabel 5.9 diatas responden yang tidak bayar sendiri (68.8%) lebih sedikit merasa puas terhadap pelayanan dokter dari pada responden yang tidak bayar sendiri (69.4%). Hasil uji chi-square menunjukan tidak ada hubungan antara kepuasan terhadap pelayanan dokter dengan cara pembayaran responden (P Value: 0.943). Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Dokter, Rawat Inap

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEN

Publisher

Subject

Nursing

Description

Journal Educational Of Nursing(JEN) adalah Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan dan Keperawatan pada AKPER RSPAD GATOT SOEBROTO,yang akan mempublikasin hasil penelitian dosen bidang ilmu kesehatan dan informasi keperawatan Jurnal ilmiah ini terbit dua kali dalam satu tahun setiap bulan Januari dan ...