Jurnal RAP
Vol 8, No 2 (2017)

Hubungan Learning Plateau dan Prestasi Belajar Dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VI yang Mengikuti Sekolah Malam

Anna Fara Dina Islami Guci (Universitas Negeri Padang)
Mudjiran Mudjiran (Universitas Negerp Padang)
Rida Yanna Primanita (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan learning plateau dan prestasi belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel kontrol pada siswa yang mengikuti sekolah malam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini 40 siswa kelas VI terdaftar pada tahun ajar 2016/2017. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisa data menggunakan Partial Correlation yang dibantu dengan menggunakan program statistik. Berdasarkan penelitian menggunakan teknik korelasi Partial diperoleh hasil (r) -0,323 dan p = 0,082 (p>0,05), sehingga terdapat hubungan negatif signifikan learning plateau dan prestasi belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel kontrol pada siswa kelas VI yang mengkuti sekolah malam.

Copyrights © 2017