Jurnal RAP
Vol 8, No 2 (2017)

Program Pelatihan pada Ibu untuk Meningkatkan Pengetahuan Komunikasi Efektif Anak Prasekolah

Mariana Ikun RD Pareira (Universitas Nusa Cendana)
Soemiarti Patmonodewo (Universitas Nusa Cendana)
Airin Y Saleh (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2018

Abstract

Komunikasi efektif antara orangtua dan anak perlu dimulai sedini mungkin. Selama ini strategi komunikasi yang digunakan ibu dengan anaknya belum efektif, hal ini disebabkan karena keterbatasan pengetahuan bagaimana berkomunikasi efektif dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang komunikasi efektif dengan anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan desain before-and-after (one group before and after design). Kegiatan dilakukan terhadap sembilan ibu di wilayah Serpong Utara, Tangerang Selatan selama tiga hari. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri atas pertanyaan terbuka untuk mengukur pengetahuan ibu tentang komunikasi efektif dengan anak prasekolah. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon menunjukkan peningkatan yang signifikan pada pengetahuan ibu tentang komunikasi efektif dengan anak prasekolah (p<0,05).

Copyrights © 2017