Jurnal Ilmiah pesona PAUD
Vol 4, No 1 (2015)

PENGARUH MEDIA CONE (PENANDA) TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK

Kusayang, Titin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh media cone (penanda) terhadap keterampilan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kota Sungai Penuh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, penelitian ini berbentuk desain quasi eksperimental. Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan media cone (penanda) memiliki rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan media tali. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan motorik kasar anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cone (penanda) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kota Sungai Penuh. Kata Kunci: Cone (penanda), Motorik Kasar, Keterampilan Abstract The purpose of the research is to see the effect of the use of media cone in gross motor skills of children in kindergarten Pembina Sungai Penuh. The method used was a quantitative approach, this study is a quasi experimental design. The research result shows that the children in the experimental class using cone media have a higher mean than the control class that uses the string media. Based on the calculation of the t-test showed that t count is greater than t table shows that there is a significant impact on gross motor skills of children. It can be concluded that the use of media cone has a significant effect on gross motor skills of children in kindergarten Pembina Sungai Penuh. Keywords: Cone, Gross Motor, Skills

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL ILMIAH PESONA PAUD began publishing in March 2012 with p-ISSN no 2337-8301 with a frequency of 6 times a year. This journal was re-managed and published twice a year in the printed and electronic versions in 2018. each of which had p ISSN no 2337-8301 and e ISSN no 2656-1271 by the Department ...