Penelitian ini dilaksanakan karena ditemukan adanya permasalahan pada dua orang siswa tunagrahita ringan yang mengalami kesulitan dalam mengenal huruf abjad a sampai z serta belum optimalnya media pembelajaran di dalam kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Data keperluan penelitian didapatkan dari hasil observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan media sandpaper letters sebagai solusi dari permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam mengenal huruf abjad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sandpaper letters mampu memberikan pengaruh berupa peningkatan kemampuan siswa dan juga kemamjuan dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini dapat dilihat dari persentase kemampuan awal siswa sampai berakhirnya pelaksanaan tindakan pada siklus II. Pada kemampuan awal persentase kemampuan siswa yaitu 38% dan 50%, setelah pelaksanaan siklus I menjadi 50% dan 60,5% dan setelah dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 75,5% dan 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media sandpaper letters dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad bagi siswa tunagrahita ringan.
Copyrights © 2019