E-JUPEKhu
Vol 6, No 1 (2018)

Meningkatkan Kemampuan Menulis Bentuk Huruf (a, o, g, p, b, d) Melalui Media Angka 8 Tidur Pada Anak Berkesulitan Belajar di SD Negeri 15 Ulu Gadut

Elvira Agustia Suardi (Unknown)
Damri - (Unknown)
Ardisal - (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang temukan, yakni anak berkesulitan belajar X yang mengalami kesulitan dalam menulis permulaan bentuk huruf (a, o, g, p, b, d). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan bentuk huruf (a, o, g, p, b, d) melalui media angka 8 tidur bagi anak berkesulitan belajar kelas V di SD Negeri 15 Ulu Gadut Padang.Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) Penelitian ini menggunakan desain A-B. Dimana kondisi A adalah baseline yakni kondisi awal kemampuan anak dalam menulis permulaan bentuk huruf sebelum di berikan tindakan. Sedangkan kondisi B merupakan kondisi intervensi yakni kondisi dimana anak di berikan intervensi melalui media angka 8 tidur.Hasil penelitian yaitu kemampuanĀ  meningkatkan menulis permulaan anak berkesulitan belajar X meningkat setelah diberikan intervensi melalui media angka 8 tidur. Pada kondisi baseline dilakukan lima kali pengamatan diperoleh skor tertinggi yaitu 0. Pada kondisiĀ  intervensi dilakukan sembilan kali pengamatan kemampuan anak meningkat dengan skor tertinggi 100. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dimaknai bahwa kemampuan menulis permulaan bentuk huruf (a,o,g,p,b,d) anak berkesulitan belajar di SD Negeri Padang dapat meningkat melalui media angka 8 tidur. Peneliti menyarankan kepada guru agar menggunakan media ini dalam pembelajaran

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...