E-JUPEKhu
Vol 7, No 1 (2019)

Efektivitas Media Power Point dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan pada Anak Tunagrahita Sedang

Selviana Rosma Yanti (Universitas Negeri Padang)
Irdamurni Irdamurni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan kepandaian mengetahui huruf pada anak tunagrahita sedang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan media power point meningkatkan kepandaian mengetahui huruf pada anak tunagrahita sedang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat pertemuan yang terdiri dari empat tahapan proses yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi dan tes perbuatan yang di analisi secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pendekatan pembelajaran dengan media power point dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak tunagrahita sedang menjadi meningkat. Hal ini dapat dilihat dari persentase kemampuan awal siswa sampai berakhirnya pelaksanaan tindakan pada siklus II. Pada kemampuan awal persentase kemampuan siswa yaitu 50%, setelah pelaksanaan siklus I menjadi 50%, 50%, 68% dan 68% dan setelah dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 75%,81%,81% dan 93%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media power point dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan bagi anak tunagrahita sedang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...